Senin, 20 Februari 2012

Mengapa Oriflame? #2

di blog pribadi saya di SINI saya sedikit mengulas pemikiran saya yang "kok ya mau-mau nya join di oriflame" hehehe

pembahasannya disini yaa...
saya sedikit tergugah saat membaca tulisan di web seseorang, beliau menyatakan bahwa dalam melakukan bisnis ini, tidak semua program MLM dikelola dengan baik. Jadi, jangan sampai Anda gagal di tengah jalan. Dan dalam tulisannya beliau memberikan beberapa tips dalam memilih program MLM yang baik, antara lain :

#1  Produk Yang Berkualitas
Apakah program MLM tersebut memiliki produk yang jelas ? Beberapa MLM hanya membual tentang   bonus-bonus mereka tawarkan, tapi tidak pernah membahas produk mereka sama sekali. Jangan-jangan memang mereka tidak punya produk ?
Ingat prinsip MLM adalah menggunakan produk dan membangun jaringan. Benarkah Anda secara regular membutuhkan produk tersebut ? Janganlah Anda mengincar produknya karena Anda ingin mencari keuntungan dengan penjualan langsung.
Beberapa MLM mewajibkan repeat order dengan nilai tertentu tiap jangka waktu tertentu. Jangan sampai Anda order produknya hanya karena ingin mempertahankan keanggotaan Anda agar tetap aktif. Anda harus suka rela membeli produknya karena memang Andamembutuhkan produk tersebut. Dan produk tersebut harus mampu memenuhi kebutuhan Anda baik dari segi harga maupun kualitas.
Bagaimana di oriflame? alhamdulillah, produk yang dimiliki di oriflame jelas adanya, dan  secara regular semua manusia membutuhkannya. Karena bisnis ini bergerak untuk menyediakan produk daily care ^_^. Apakah oriflame mewajibkan repeat order dengan nilai tertentu tiap jangka waktu tertentu? tidak...oriflame tidak mewajibkan untuk melakukan repeat order.

#2  Perusahaan Penyelenggara Program MLM
Program MLM yang baik pastilah dikelola oleh perusahaan yang baik pula. Sebelum bergabung dengan suatu program MLM sebaiknya Anda periksa terlebih dahulu :
  • nama perusahaan
  • status badan hukumnya (PT, CV, UD)
  • alamat jelas kantor perusahaan
  • nomor telepon Customer Service yang bisa dihubungi
  • sudah berapa lama mereka beroperasi
Berdasarkan Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan No. 73/MPP/Kep/3/2000 Tentang Ketentuan Kegiatan Usaha Penjualan Berjenjang, disebutkan di Bab II pasal 2 Ayat 1 bahwa : Perusahaan yang menggunakan system penjualan berjenjang harus berbentuk badan hukum (Perseroan Terbatas) dan WAJIB memiliki IUPB (Izin Usaha Penjualan Berjenjang).
Jadi pastikan bahwa perusahaan itu memiliki IUPB (sekarang SIUPL, Surat Izin Usaha Penjualan Langsung ).
Akan lebih baik lagi jika perusahaan tersebut telah bergabung dengan APLI (Asosiasi Penjual Langsung Indonesia). Jika perusahaan tersebut sudah tergabung dalam APLI, kemungkinan perusahaan tersebut baik, karena APLI mewajibkan anggotanya untuk memenuhi persyaratan-persyaratan yang ketat.
nama perusahaan : PT.Orindo Alama Ayu, status badan hukum PT, alamat pusat, alamat canang, dan nomor telepon CS di tiap cabang sudah jelas tercantum di website resmi oriflame di SINI. Untuk lamanya beroperasi, oriflame sudah beroperasi hingga Maret 2011 selama 45 tahun :) 
Apakah ada dalam keanggotaan APLI? Ya...ada...bisa di cek di SINI :)

#3  Memiliki Program Pelatihan Yang Baik
Perusahaan MLM yang baik pastilah mempunyai program pelatihan untuk para membernya. Periksalah terlebih dahulu jadwal pertemuan-pertemuan mereka, di mana mereka mengadakan pertemuan, dan berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh membernya untuk mengikuti pertemuan-pertemuan tersebut. Jangan sampai Anda baru bergabung, belum menghasilkan apa-apa tapi sudah tercekik sama biaya pertemuan yang mahal.
Sudah pasti di oriflame telah mengadakan program pelatihan. Saya sendiri belum pernah menghadiri program pelatihan yang diadakan di kantor cabang. Mengapa? karena saya orang kantoran, saya belum mempunyai waktu untuk mengikuti training tersebut sebab bentrok dengan jam kantor yang saya miliki. Lalu bagaimana? alhamdulillah saya bergabung di dBCN sehingga saya bisa mengikuti training via online. Sudah gratis, juga bisa disesuaikan dengan jam kerja yang saya miliki :). Kalo pertemuannya gratis sudah pasti GAK PAKE MAHAL dong :)
#4 Sistem Remunerasi Yang Baik
Janganlah terkecoh sama sistem remunerasi (atau bonus) yang muluk-muluk. Sistem remunerasi yang baik tentulah wajar dan realistis.
Periksalah apakah system remunerasi mereka benar-benar dibangun atas dasar saling menguntungkan antara Anda, upline Anda, dan perusahaan bersangkutan ? Apakah penghasilan Anda bisa melebihi upline anda, jika anda bekerja lebih keras dari mereka ? Sistem remunerasi yang baik tentu memungkinkan hal tersebut, agar upline Anda tidak makan gaji buta.
Ini nih yang saya suka...hehehe...renumerasi (bonus) ataupun penghasilan sangatlah tranparan. Di oriflame kami bisa mengetahui tingkat bonus yang akan diperoleh. Dan untuk downline, ternyata juga bisa mendapatkan gaji yang lebih besar dari upline (atasannya). 

Bagaimana?
Masih berpikir dua kali?

yuuk...bergabung denganku 
klik di SINI untuk mendapatkan 7 tips berbisnis online atau melakukan pendaftaran
kalau masih ada yang ditanyakan bisa send email ke aku di ra.rachma@gmail.com

terimakasih 
salam
Rachma
-Independent Consultant of Oriflame-
please don't copy without permission
thankyou
mau bergabung? KLIK DISINI 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar